Berawal dari sebuah keseriusan berakhir dengan penemuan

(cara cepat menghafal chord piano)

membaca judul di atas sobat pasti penasaran? Iya kan? Ok tak perlu basa-basi langsung pada inti cerita.

Semua berawal dari…. ah langsung aja deh.

Di sekolah tempat saya mengajar sebenarnya saya cuma diamanahi mengajar mata pelajaran bahasa Indonesia namun di tengah perjalanan tertambahi dengan SBK.

Tentu saja SBK bukan bidang saya sebab saya sarjana bahasa Indonesia. Namun, berhubung sudah diamanahkan saya pun serius dengan mata pelajaran ini. Toh lagipula SBK (menggambar, membuat kerajinan tangan, bernyanyi, bermain musik) adalah hobi saya. Hal yang sudah pasti saya lakukan adalah belajar. Nah ketika belajar inilah penemuan saya bermula.

Suatu ketika bahasan yang akan disampaikan kepada anak-anak adalah mengaransemen sebuah lagu. Materi awal mengaransemen lagu dalam buku paket BSE yang saya baca adalah materi tentang pemahaman terhadap alat musik dan bagaimana bermain musik. Saya pun mempelajarinya dengan seksama. tidak begitu sulit sih. Maklum mantan musisi. Namun ada sedikit hal yang mengusik pikiran: bagaimana caranya anak-anak bisa menghafal chord piano yang sedemikian baanyak (ratusan) jumlahnya padahal salah satu hal yang penting supaya bisa mengaransemen adalah harus hafal chord.

Kemudian sambil bepikir saya perhatikan satu demi satu chord chord yang ada. Kemudian saya berkesimpulan pasti ada pola yang sama diantara chord-chord tersebut. antara sesama kunci mayor pasti ada pola yang sama begitu pula dengan minor, 7, dan yang lainnya. ternyata benar. Ada sebuah pola yang sama.

Akhirnya pola tersebut saya beri nama RUMUS CHORD. Sebagai contoh rumus chord mayor adalah 1-5-8, rumus chord minor adalah 1-4-8 dan masih banyak lagi yaitu 7, dim, aug, dll. Dengan begini anak-anak cukup menghafalkan rumusnya saja tidak perlu semua chord-nya. Dengan menghafal rumus mayor saja otomatis mereka hafal semua kunci mayor mulai dari C mayor hingga B mayor.

Setelah saya ujicobakan ternyata ampuh. Anak-anak mampu mengerjakan dengan sempurna test chord piano. dari 60 kunci yang ditanyakan mereka bisa mengisi dengan benar. Cukup dengan satu kali tatap muka saja. Rasanya puas hati ini.

Ternyata tidak sia-sia usaha saya. Saya tidak tahu apakah ini penemuan baru atau saya menemukan sendiri sesuatu yang sudah ada di perkuliahan musik. Yang penting ini adalah terobosan. Saya puas.

Anda mau mencobanya? atau mau belajar bagaimana sih cara membaca rumus chord piano saya tadi?

Tentang Nail

Seorang Guru Bahasa Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Keguruan. Tandai permalink.

5 Balasan ke Berawal dari sebuah keseriusan berakhir dengan penemuan

  1. Benz berkata:

    nice maksudnya hehe

  2. syahrir berkata:

    maksudnya rumus chord mayor 1-5-8, chord minor 1-4-8 , 7 , dim , aug mohon dijelaskan pak. Terima kasih

  3. Nail berkata:

    1-5-8 maksudnya adalah tombol piano ke 1, ke 5, dan ke 8, dengan menghitung semua tmbol baik putih maupun hitam yang totalnya ada 12.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s