Merubah atau mengubah? Mana yang benar?

Bila kita uraikan kemungkinan kata merubah berasal dari mer- + ubah karena tidak mungkin dari me- + rubah karena dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia rubah maknanya adalah binatang jenis anjing bermoncong panjang. Namun awalan mer- di sini tidak ada contoh lain. Seandainya memang ada awalan mer- mestinya ada kata lain yang berawalan mer-. Coba Anda cari dan pikirkan. Kata apa yang berawalan mer-? Tidak ada kan? Lalu bagaimana dengan merampok, merusak, merokok, dan lain sebagainya? Bila nalar kebahasaan Anda jeli tentu Anda paham bahwa merampok, merusak, dan merokok berawalan me- bukan mer-.

Kemudian bagaimana dengan berubah atau perubahan? Jawabanya sangat gampang. kata berawalan ber- dan berimbuhan per-an banyak contoh lainnya .

Lantas bagaimana yang benar? Imbuhan yang benar untuk kata ubah adalah mengubah berasal dari meng- + ubah. Bila kita cari kata lain yang berawalan meng- terbukti banyak. Mengambil, mengudara, menguap, menggosok, dan seterusnya.
Nah berarti kesimpulaanya merubah adalah salah dan yang benar adalah mengubah. Bila Anda sekalian belum puas silahkan cari awalan mer- di internet. Kalau tidak menemukan dan belum puas silahkan kuliah di Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Universitas Negeri Surabaya.

Tentang Nail

Seorang Guru Bahasa Indonesia
Pos ini dipublikasikan di Bahasa. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s